cover
Contact Name
Karel Karsten Himawan
Contact Email
karel.karsten@uph.edu
Phone
+62412950075
Journal Mail Official
jpu@k-pin.org
Editorial Address
Secretariat JPU Faculty of Psychology, Universitas Pelita Harapan Jl. M. H. Thamrin No. 1, Lippo Karawaci, Tangerang, Banten, INDONESIA
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology
ISSN : 20884230     EISSN : 25801228     DOI : https://doi.org/10.24854/jpuxxx
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology (JPU) is a peer-reviewed scientific journal that stands as a forum to facilitate communication, dissemination, and enhancement of ideas within scholars in the field of psychology and social sciences by showcasing high-quality works while acknowledging its relevance in the indigenous perspective. The journal is published in print (p-ISSN: 2088-4230) and electronic (e-ISSN: 2580-1228) formats. JPU is published bi-annually (every June and December) by Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara. We welcome submissions from scholars, including students, whose work shares relevance to our focus and scope. JPU adheres to the high standard of publication process by abiding to the double-blind peer review process to maintain fair and indiscriminatory submission process. Submissions are open at any time.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2020)" : 20 Documents clear
Pelatihan ketangguhan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis pengurus unit kegiatan mahasiswa (UKM) di Universitas Surabaya Widhigdo, Jessica Christina; Ahuluheluw, Joshua Michael; Pandjaitan, Lena Nessyana
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu104

Abstract

Kegiatan berorganisasi dapat membawa dampak positif dan negatif terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa (psychological well being; PWB). Kepribadian tangguh yang terdiri dari komitmen, kontrol, dan terbuka terhadap tantangan dibutuhkan untuk menghadapi masalah dengan efektif, sehingga dapat memberi manfaat positif dalam keikutsertaan berorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan PWB mahasiswa setelah mengikuti pelatihan ketangguhan dan mengeksplorasi keterkaitan antara ketangguhan dan PWB. Partisipan ialah 20 mahasiswa (18-22 tahun) yang terlibat sebagai pengurus UKM. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan analisis non-parametrik Wilcoxon dan Spearman. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat peningkatan skor PWB pada pengurus UKM setelah mengikuti pelatihan ketangguhan, dan terdapat korelasi positif antara ketangguhan dan PWB.
Pengalaman individu dengan riwayat kleptomania Oktania, Reti; Mansoer, Winarini Wilman D.
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu105

Abstract

Kleptomania merupakan sebuah gangguan yang dikarakteristikkan dengan adanya dorongan untuk melakukan tindakan mencuri benda-benda tidak dibutuhkan dan tidak menguntungkan. Dorongan tersebut muncul tak tertahankan dan terjadi berulang kali. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana individu yang pernah menampilkan gejala kleptomania memaknai pengalaman terkait perilaku kleptomanianya. Untuk memahami fenomena tersebut dengan lebih mendalam, penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu studi autoetnografi terhadap diri peneliti sendiri dan studi fenomenologi terhadap dua orang partisipan. Hasil kedua studi menunjukkan bahwa seluruh partisipan memunculkan perilaku kleptomania sejak usia anak-anak dan menunjukkan latar belakang keluarga yang tidak harmonis. Terdapat enam tema yang dimaknai secara berbeda antar partisipan, yaitu: kekecewaan kepada orang tua, perasaan putus asa, dorongan yang kuat, perasaan malu, perasaan tidak pernah puas, dan keinginan untuk memperbaiki diri. Enam tema tersebut kemudian disimpulkan menjadi tiga tema besar, yaitu: latar belakang keluarga, dinamika internal partisipan, dan keputusan untuk memperbaiki diri.
Pengaruh persepsi dukungan sosial terhadap kesejahteraan di sekolah siswa SMA Rahma, Ulifa; Pramitadewi, Karina Putri; Faizah, Faizah; Perwiradara, Yuliezar
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu106

Abstract

Studi-studi terbaru menunjukkan bahwa kesejahteraan di sekolah merupakan prediktor penting terhadap prestasi siswa. Salah satu determinan dari persepsi siswa terhadap tingkat kesejahteraannya di sekolah adalah persepsinya mengenai dukungan sosial dari lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan di sekolah siswa SMA. Sebanyak 304 siswa (Musia = 16.27; SD = .815) berpartisipasi dalam studi ini; sampel diperoleh melalui teknik sampling aksidental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berperan terhadap kesejahteraan di sekolah pada siswa SMA. Dari lima sumber persepsi dukungan sosial yang diukur, dukungan dari guru memiliki pengaruh terbesar terhadap kesejahteraan di sekolah siswa SMA, sedangkan dukungan dari sahabat menunjukkan pengaruh paling kecil. Hasil studi ini merekomendasikan pentingnya manajemen sekolah, terutama sekolah menengah atas, untuk memperhitungkan dan memenuhi dukungan sosial siswanya sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi dan kesejahteraannya di sekolah.
Reliabilitas dan validitas Self-Compassion Scale versi Bahasa Indonesia Sugianto, Dicky; Suwartono, Christiany; Sutanto, Sandra Handayani
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu107

Abstract

Self-compassion is a healthy attitude toward oneself which positively associated to an individual’s mental health. Self-Compassion Scale (SCS) is a common instrument to measure levels of self-compassion However, to date, there is no study that evaluates the psychometric properties of the Indonesian version of SCS. This study aims to adapt the SCS into Indonesian language and to evaluate the psychometric properties of the Indonesian version of SCS. Participants in this study were 329 college students enrolled in universities in Jakarta and surrounding areas and were recruited through convenience sampling. Instrument used in this research is the Indonesian version of SCS, which we named Skala Welas Diri (SWD). The result of psychometric evaluation using confirmatory factor analysis (CFA), construct validity, and Cronbach’s Alpha coefficient showed good validity and reliability of SWD. The study suggested that SWD have a similar theoretical model as SCS. The study concludes that SWD could be used as an adequate measurement of self-compassion.
Efikasi diri guru, pemahaman tentang karakter siswa, dan pemahaman tentang keterampilan Abad ke-21 sebagai prediktor gaya mengajar tipe fasilitator Sa'pang, Aditya Wiranata; Purbojo, Rijanto
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu108

Abstract

This study aims to examine the effect of teachers’ self-efficacy, their understanding of student characteristics (known as generation Z), and their understanding of the 21stcentury skills towards facilitator teaching style at Dian Harapan School Jakarta. This study used a quantitative approach with 60 respondents. Data was collected using questionnaire, which comprises the Teachers’ Sense of Efficacy Scale, the characteristics of generation Z Students, West Virginia 21st Century Teaching and Learning Survey, and Teaching Style Survey. Data analysis and hypothesis testing were conducted through multiple linear regression analysis and the F Test. The results showed that teachers’ self-efficacy, teachers’ understanding of the generation Z students’ characteristics, and their understanding of the 21st century skills contribute 60.7% on teachers’ facilitator style of teaching. It was concluded that these three factors have an important role on teachers’ facilitator style of teaching.
Perbedaan gender mengenai kepuasan pernikahan pada individu yang menikah dengan adat Nyentana di Bali Permata Jati, Ni Made Karinadevi; Hartanti, Hartanti
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu116

Abstract

The traditional marriage of Nyentana is a unique Balinese marriage tradition to oppose the commonly held, patriarchal marriage tradition by emphasizing the primary position of female. This research set out to determine whether there exists a significant difference in marital satisfaction between women and men who were married as according to the traditional marriage of Nyentana in Balinese culture. Seventy three individuals aged 20–40 years (M = 30; SD = 5.5) who performed Nyentana marriage participated in this study. Participants responded to Nyentana ENRICH Marital Satisfaction Scale, which had been adapted into Indonesian Language. Open-ended questions were also administered for supplementary analysis. The results showed that there was no significant gender differences among individuals who were married with Nyentana tradition. Marriage satisfaction in the two groups of subjects was categorized as high. The high level of marriage satisfaction among individuals involved in Nyentana traditional marriage were caused by their strong cultural belief about the merits of its tradition to carry on the family lineage, by good partner communication, and by the proportional involvement between genders in household decision making.
Integrasi terapi kognitif perilaku dengan terapi syukur untuk menangani individu dengan gangguan simtom somatik dengan fitur kepribadian schizoid-avoidant: Studi kasus Devany, Karina; Poerwandari, Elizabeth Kristi
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu127

Abstract

This study presents a brief treatment report of a 22-year-old-female, with a diagnosis of somatic symptom disorder and exacerbated by schizoid-avoidant personality features. Both conditions induced anxiety and many other difficulties in her functioning. Her negative self-views were the main issues that led to excessive negative emotionality, both internally (somatization) and externally (interpersonal relationship difficulties). The purpose of this case report is to illustrate an integrated treatment process consisting of cognitive-behavioral therapy and gratitude therapy. Gratitude therapy helps to alter the preoccupation of negative perspectives. Conclusions on the effectiveness of treatment were interpreted with an eye on the study’s methodological limitations.
Pemaafan pada keluarga korban ledakan bom di Surabaya Pratama, Charis; Kristinawati, Wahyuni
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu138

Abstract

Bencana teknologi yang menyebabkan meninggalnya anggota keluarga dapat menimbulkan kesedihan dan kemarahan pada individu. Meski mengalami trauma yang serius, persepsi serta reaksi individu atas bencana tersebut beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pemaafan pada individu yang kehilangan anggota keluarga (anak dan pasangan) dalam peristiwa bom di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deduktif terhadap dua partisipan, dengan teori interpersonal process of forgiveness and unforgiveness sebagai kerangka berpikir. Analisis tematik digunakan sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukan terdapat empat tema utama mengenai pemaafan pada korban: konteks personal (ciri kepribadian dan komitmen agama), persepsi pasca kejadian, respons emosional, dan respons perilaku. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemaafan dapat berbeda antara satu individu dan individu yang lain, bergantung pada perbedaan ciri kepribadian, komitmen agama, dan persepsi terhadap kejadian yang memengaruhi respons emosional dan perilaku individu terhadap pihak yang dianggap bersalah.
Pemaknaan pengalaman hidup ibu dari anak yang mengidap leukemia limfoblastik akut Panjaitan, Anggita Hotna; Mansoer, Winarini Wilman
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu140

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman ibu dengan anak yang menderita Leukemia Limfoblastik Akut (LLA). Ibu dengan anak yang mengidap penyakit kronis, seperti LLA, harus mengelola peran mereka sebagai seorang pengasuh untuk anak yang sakit, sekaligus menangani tanggung jawab domestik. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, wawancara dan obervasi dilakukan kepada dua orang ibu yang memiliki beberapa anak, dan satu di antaranya mengidap LLA di usia 7 dan 9 tahun. Pengumpulan data dilakukan dalam dua pertemuan. Enam tema muncul dari dari partisipan: 1) mengatasi titik balik kehidupan mereka, 2) proses pembelajaran, 3) menerima dukungan, 4) keterhubungan dengan Tuhan dan orang-orang senasib, 5) tidak ada ibu yang sempurna, dan 6) satu hal dalam satu waktu. Hasil studi ini memberikan wawasan kepada komunitas yang lebih luas, serta praktisi profesional, untuk dapat memahami dengan lebih baik dinamika psikologis yang dialami para ibu atau pengasuh, serta untuk memberi informasi yang bermanfaat dalam merancang program dukungan kesehatan mental bagi pengasuh anak-anak dengan penyakit kronis.
"Kail sejengkal janganlah menduga dalam lautan": Mengapa psikologi perlu lebih daripada studi empiris Himawan, Karel Karsten
Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology Vol 7 No 2 (2020)
Publisher : Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24854/jpu348

Abstract

Most studies in psychology are built on the evidence-based paradigm, which heavily relies on the objectivity (positivism) as well as integrity and competency of the researchers (constructivism) to interpret the reality. Such a paradigm is often implemented in a reductionistic manner, where all studies in psychology have to employ analysis of primary data. This reflects what currently occurs in Indonesia where most scientific outlets in psychology seem to put much interest on manuscripts that report quantitative and/or qualitative study. In this editorial note, I introduce various possible alternative methods to justify the truth and utility values apart from empirical analysis. This note also informs various practical strategies of the journal to accommodate publication of peer-reviewed, non-empirical work for rapid and accurate dissemination of new knowledge in the field of Indonesian indigenous psychology.

Page 1 of 2 | Total Record : 20